​Antisipasi Pungli, Polres Batu Gelar Sosialisasi Saber Pungli Bersama Lintas OPD Dan Kejaksan

10 views

Sabertipikor.com, BatuJawa Timur – Maraknya aksi praktik pungutan liar yang sering terjadi saat ini, membuat Tim Satgas Saber Pungli terus melakukan sosialisasi guna untuk pencegahan pungutan liar dan korupsi yang berdampak pada masyarakat. Kali ini tim satgas saber pungli kota Batu melakukan sosialisasi di Kecamatan Batu, Selasa (12/12/2017), pukul.19.50 Wib – 22.40 Wib. Dengan tema, ‘ Melalui Sapu Bersih Pungutan Liar Kita Tingkatkan Pelayanan Terhadap Masyarakat ‘.

Dalam sambutanya, Hari Santoso, SH., Inspektorat Pemkot Batu menyampaikan, UPPL dibentuk bertujuan agar meminimalisir terjadinya perbuatan korupsi/pungli khususnya di bidang pelayanan publik.

Menurutnya, pelayanan publik sangat rentan sekali adanya pungli, disinilah hadir tim UPPL untuk memberikan pemahaman kepada perangkat/aparatur pemerintahan, mana yang boleh dilakukan pungutan mana yang tidak boleh dilakukan pungutan. Selain itu, lanjut dia, Sektor yang rawan adanya pungutan liar ada 7 bidang diantaranya adalah, pendidikan, perizinan, hibah, kepegawaian, dana desa, pengadaan barang/jasa dan peradilan.

“UPPL Unit Pemberantasan Pungutan Liar merupakan Satgas bentukan pemerintah untuk memberantas korupsi khususnya pungutan liar dibidang pelayanan. Maka itu, di Batu sudah terbentuk UPPL yang anggota berasal dari unsur Pemkot Batu, Polres Batu dan Kejaksaan Negeri Batu,” terangnya.

Sementara itu, Iptu Yussi purwanto, Kanit Tipikor Polres Batu, menjelaskan, Motif Korupsi ada 3 macam diantaranya yakni, Corruption by need / kebutuhan, Corruption by greed / keserakahan, Corruption by opportunities / kesempatan, Dampak Korupsi merugikan keuangan negara yang berakibat pada penurunan perekonomian negara, menambah jumlah kemiskinan masyarakat.

” Macam-macam korupsi ada beberapa macam, ada penyalahgunaan wewenang, suap, gratifikasi, dan lain-lain,” ungkapnya.

Di tempat yang sama hal senada juga disampaikan, Aris Setyawan, Camat Batu, Bahwa kita sebagai aparatur sipil negara diharapkan bekerja lebih profesional dangan tidak melakukan pungli/korupsi, karena kita digaji dengan menggunakan uang rakyat maka dengan sendirinya kita menjadi pelayan masyarakat.

” Khususnya dibagian pelayanan publik sangat rentan sekali terjadi pungli/korupsi. Agar melakukan peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Hadir dalam sosialisasi tersebut, Camat Batu ( diwakili Kasi Pemerintahan), Inspektorat Pemkot Batu, Hari Santoso,SH., Kapolsek Batu AKP Arinto Priyo Sulakso, SH., Danramil Batu, Kapten Bambang, Kasubbag Hukum Polres Batu AKP Deddy Rohjadi, SH., Kepala Seksi Pengawasan IPTU Edy Sutanto, Kades/Lurah se Kecamatan Batu, Kanit Tipikor Sat Reskrim Polres Batu, Puskesmas Batu, KUA Batu, BPD se-Kecamatan Batu dan Perangkat Desa se-Kecamatan Batu.(risma)

Author: 
    author

    Related Post