Jual Beli Paket Diduga Terjadi di Banyuwangi

8 views
Foto:Mariyadi, S.H, Ketua GN-PK Jawa – Timur

Banyuwangi, Sabertipikor.com – Dugaan adanya konspirasi jual beli paket pekerjaan di Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Banyuwangi mulai menguat. Paket pekerjaan itu berupa pembangunan fisik yang melalui lelang secara elekrotronik maupun melalui penunjukan secara langsung.

Hal itu diungkapkan Ketua Gerakan Nasional Pemberantsan Korupsi (GNPK) Jawa Timur, Mariyadi SH, Senin (20/11/17). Menurut dia perlakukan tidak fair itu termasuk dalam ranah perlawanan hukum yang mengarah ke tindakan korupsi.

“Saya sudah menerima surat dari Lembaga Swadaya Masyarakat Macan Putih berikut data-datanya. Laporan ini sebagai awalan kami untuk melakukan tindakan,” kata dia.

Ia lanjutkan, dalam surat tersebut memuat bahwa diduga Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banyuwangi, Ir H Mujiono MSi telah mengatur dan membagi-bagikan kepada pihak tertentu.

“Membagi itu tentu dibarengi dengan fee dari rekanan yang mendapat paket tersebut. Ini yang bisa disebut dengan korupsi,” katanya.

Belum sampai disitu, lanjut dia, dari pembagian itu masih melalui tangan yang lain. Salah satunya melalui inisial TM dan beberapa orang lain. “Sesuai laporan yang saya terima setiap paket mendapat fee sebesar 20 persen dan totalnya mencapai Rp 13 miliar,” katanya.

Menindak lanjuti laporan tersebut menunjukkan adanya persaingan usaha yang tidak sehat. Kemudian sudah melanggar aturan yang ada. “Dalam waktu dekat kami akan membuat tim dan turun langsung ke Banyuwangi,” pungkasnya. (Hmz/Ris)

Author: 
    author

    Related Post