Kanit Pidek Polres Sumenep Bersihkan Sampah di Sungai Sarokah Bersama Para Pemuda

7 views

Kanit Pidek Polres Sumenep, Abu Mahdurah.

Sabertipikor.com, Sumenep Jatim – Melihat tumpukan sampah di sungai Sarokah yang menyebabkan tersumbatnya aliran sungai, Abu Mahdurah yang menjabat sebagai Kanit Pidek Polres Sumenep berinisiatif untuk terjun langsung membersihkan sampah – sampah yang menumpuk di sepanjang aliran sungai bersama para pemuda setempat.

Tanpa harus menunggu petugas dari Dinas PU Sumber Daya Air Pemkab Sumenep atau yang berkewenangan.

“Menjaga kebersihan dan kelestrian lingkungan, khususnya aliran sungai adalah menjadi tanggung jawab semua pihak dan seluruh elemen masyarakat agar jangan sampai menjadi penyebab terjadinya banjir serta bencana pada saat datang musim penghujan,” kata Abu Mahdurah pada awak media Sabertipikor.com, Rabu (15/1/2020).

Ia pun menuturkan bahwa harus ada kepedulian, kesadaran, dan peran serta masyarakat dalam menjaga kebersihan sungai, terutama kesadaran untuk tidak membuang sampah di sepanjang aliran sungai sarokah adalah sangat penting.

“Karena tumpukan sampah – sampah di sepanjang aliran sungai akan bisa menjadi penyebab tersumbatnya aliran sungai, sumber penyakit dan merusak pemandangan,” terang Abu Mahdurah.

Sungai sampah tampak bersih usai dibersihkan dari tumpukan sampah.

Tak hanya itu sembari mengumpulkan sampah – sampah yang telah diambil dari sungai, Abu Mahdurah menyampaikan, “ini juga sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Bapak Kapolri bahwa seluruh anggota Polri harus bisa menjadi pelopor dalam melakukan penghijauan dan penanaman pohon serta menjaga kelestarian lingkungan dan sigap serta siaga terhadap bencana alam termasuk banjir.
Minggu, 12 Januari 2020.

Sementara itu Kepala Dinas PU Sumber Daya Air Pemkab Sumenep, Chainur Rasyid, SE, MS.i mengucapkan rasa terima kasih dan apresiasi yang luar biasa atas apa yang dilakukan oleh Abu Mahdurah bersama para pemuda sarokah.

“ini sungguh hal yang sangat luar biasa dan sangat positif, untuk bisa menjadi inspirasi serta contoh bagi masyarakat dalam menumbuhkan kesadaran dalam menjaga kebersihan sungai, terutama kesadaran untuk tidak membuang sampah di sepanjang aliran sungai,” ungkap Chainur Rasyid saat ditemui di ruang kerjanya. Selasa, 14 Januari 2020.

Meski demikian ia menambahkan, hal ini harus bisa ditindak lanjuti untuk bisa menjadi kegiatan yang berkelanjutan dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat yang ada di Kabuoaten Sumenep.

“Baik masyarakat umum, ASN, dan TNI-POLRI. Dimana nanti akan dikordinasikan dengan Dinas PU SDA Pemprov Jatim dan seluruh OPD terkait,” ujarnya. (A.nang EP)

Author: 
    author

    Related Post