Kapolres Batu Apresiasi Pernyataan Sikap Untuk Tolak “People Power”

Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, SIK, MSi saat sesi foto bersama Ketua GP Ansor, Ketua PCNU, Ketua KNPI Kota Batu

Sabertipikor.com, Kota Batu – Guna mempererat silatuhrami, GP Ansor Kota Batu menggelar buka bersama, Senin (20/5/2019) di Aula Kantor PCNU Kota Batu Jl. Agus Salim No. 28 Keluran Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Acara tersebut bertemakan “Menyongsong Bangsa Bermartabat Dengan Mempererat Silaturahmi dan Memperkokoh Persatuan”.

Dalam acara itu dihadiri Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, SIK, MSi didampingi PJU dan organisasi kepemudaan (OKP) se-Kota Batu yang diikuti sekitar 100 orang.

Tampak hadir pula Ketua PCNU Kota Batu HA. Budiono, M. Jafar Sodik, SH, MH (Ketua GP Ansor Kota Batu), Yuniar Ari Sandi (Ketua KNPI Kota Batu), Perwakilan Pemuda Katolik dan perwakilan dari Pemuda Muhamadiyah Kota Batu.

Sebelum pembacaan ikrar pernyataan sikap, pada kegiatan itu diawali dengan pembacaan ayat suci Al quran kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Ansor.

Ketua pelaksana kegiatan M. Jafar Sodik, SH, MH menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh para undangan yang hadir dalam acara itu.

“Terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang berkenan hadir di acara ini,” ungkapnya.

Tak hanya itu, ia juga melanjutkan pembacaan ikrar pernyataan sikap yang diikuti oleh perwakilan OKP se-Kota Batu. Dalam ikrar tersebut ada beberapa poin yang dibacakan dalam menyikapi situasi pasca pemilu.

“Atas nama elemen pemuda Kota Batu dan atas nama Rakyat Indonesia menyatakan sikap dan menyerukan kepada seluruh anak bangsa Republik Indonesia untuk :

1. Memberikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh penyelenggara pemilu (KPU, bawaslu dan seluruh jajaran), aparat keamanan Polri/TNI dan seluruh elemen masyarakat yang telah aktif dalam penyelenggaraan pesta demokrasi sehingga berjalan sukses, lancar, aman dan demokratis;

2. Menyampaikan salam duka dan penghargaan yang setinggi – tingginya, kepada seluruh penyelenggara pemilu dan aparat keamanan baik yang sakit maupun meninggal dunia semoga menjadi amal bhakti untuk negeri. Dan kita yakin semua adalah semata atas kehendak Allah SWT, Tuhan YME;

3. Menerima seluruh hasil pemilu tahun 2019, yang akan diumumkan oleh KPU RI pada 22 Mei 2019 secara nasional, sebagai proses demokrasi yang konstitusional dan keberatan atau penolakan atas keputusan tersebut, harus dilakukan secara konstitusional;

4. Menolak segala bentuk ucapan, sikap, tindakan dan upaya pengerahan massa dengan istilah ‘people power’ atau ‘kedaulatan rakyat’ dan segala dalih apapun baik atas nama agama maupun atas nama rakyat yang mengarah pada gerakan inskonstutisional yang memecah belah persatuan dan kesatuan anak bangsa dan keutuhan Negara Kesatuan Repubuk Indonesia;

5. Memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada aparat keamanan Polri dan TNI secara profesionautas untuk melakukan pengamanan dan penindakan hukum atas segala bentuk anasir-anasir gerakan yang mengancam dan merongrong NKRI Pancasila dan UUD 1945;

6. Menyerukan dan mengajak kepada seluruh anak bangsa untuk merajut kembali persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI, pancasila dan UUD 1945,” seru Jafar di dalam pembacaan ikrar yang diikuti oleh perwakilan OKP se-Kota Batu itu.

H. A Budiono Ketua PCNU Kota Batu juga menyampaikan, “bahwa hari ini sahabat Ansor melakukan buka bersama OKP untuk menjaga kondusifitas di Kota Batu sebagai antiklimaksnya persatuan dan kesatuan kita, yaitu pada Tahun 2019,” paparnya.

Sementara itu, Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, SIK, MSi mengapresiasi kepada semua yang hadir, karena sudah menyatakan sikap untuk menolak adanya “People Power”. Sebab, Banyaknya berita yang viral di medsos dapat menciptakan rasa ketakutan di masyarakat.

“Sehingga dalam momen Harkitnas mari perbedaan dibuat dalam persatuan dan kesatuan. Mari kita menjaga kodusifitas masyarakat di Kota Batu ini agar tetap aman dan kondusif dan tidak sampai terprovokasi, dan saya ucapkan terima kasih pada rekan rekan semua yang hadir atas undanganya, sehingga kami bisa melaksanakan silaturahmi hari ini yang mempunyai kualitas untuk menjaga dan menciptakan Kota Batu yang aman dan nyaman,” pungkas Buher sapaan akrab Kapolres Batu itu di akhir sambutanya. (Risma)

Related posts

Leave a Comment