Kepala Sekolah SMPN 1 Winongan Pasuruan Diduga Lakukan Pungli

10 views

Sabertipikor.com, Surabaya –¬†Kepala Sekolah merupakan penanggung jawab pelaksanaan kegiatan di sekolah, banyak kepala sekolah yang tersandung kasus hukum seperti penggunaan dana BOS juga modus penarikan dana sumbangan dengan berbagai macam alasan, dalam modusnya, Kepala Sekolah memungut kepada orang tua murid dengan alasan untuk kegiatan sekolah, padahal pemerintah mengucurkan dana pendidikan yang sangat besar untuk sarana pendidikan.

“Dugaan pungutan liar atau Pungli ini terjadi di SMPN 1 Winongan Pasuruan, oknum Mepala Sekolah dan jajarannya melakukan pungli ke setiap wali murid sebesar Rp 200.000 dengan alasan untuk bantuan pembelian sarana IT dan hal tersebut sudah jelas melanggar Perpres 87 tahun 2016 yang menyatakan pihak sekolah dilarang memungut biaya apapun dengan alasan apapun, dan modus yang dilakukan oknum kepala sekolah menyertakan formulir untuk diisi pernyataan wali murid yang tidak keberatan dengan sumbangan tersebut.Hal seperti inipun juga tidak dibenarkan,” ujar Mariyadi ketua GNPK Jatim ketika dihubungi via telepon oleh awak media sabertipikor.com, Senin (31/12/2018).

Menurut Mariyadi dia mendapatkan laporan dari beberapa wali murid yang sangat keberatan dengan adanya penarikan sebesar 200.000 tersebut.

Untuk itu GNPK jatim akan segera membawa kasus ini ke ranah hukum, dengan melaporkan dugaan Pungli ini dengan barang buktinya ke Kejaksaan Tinggi Jawa Tkmur di Surabaya.

“Saya heran juga merasa geram dengan masih maraknya pungutan liar ini, padahal sudah banyak Kepala Sekolah yang ditahan karena penyalahgunaan dana BOS dan juga PUNGLI, ” cetusnya.

Tak hanya itu, Mariyadi bakal melaporkan  oknum kepala sekolah SMPN 1 Winongan ini.

“Ya, akan saya laporkan minggu depan ke Kejati Jatim,” ujarnya. (Gn/Ris)

Author: 
    author

    Related Post