MCW  Bersama Omah Rakyat Gelar Konferensi Pemuda Kota Batu

MCW dan Omah Rakyat bersama puluhan pemuda Kota Batu saat menggelar konferensi di Hall Apple Sun

 

Sabertipikor.com, Batu, Jawa Timur – MCW dan Omah Rakyat menggelar konferensi Pemuda Kota Batu di Hall Apple Sun Kota Batu, Senin (5/3/2018) pukul. 13.00 – 16.00 WIB.

Dalam kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun kesadaran kritis para pemuda agar mampu mengawal pembangunan dan melakukan kegiatan advokasi di Kota Batu.

Menurut Mayedha selaku badan pekerja MCW, tidak banyak yang tahu bahwa Perda RT/RW Kota Batu akan direvisi dalam waktu dekat ini.

“Apabila kita lihat dari draft revisi Perda RT/RW terlihat bahwa Kota Batu akan terdapat pembangunan Universal studio, dan hotel-hotel berskala internasional. Hal ini tentu akan semakin menggerus sektor pertanian, terutama soal lahan dan sumber air yang kita ketahui kian berkurang. Padahal visi Kota Batu sebagai kota agropolitan adalah untuk mengembangkan sektor pertanian, namun fakta berkata sebaliknya,” kata Mayedha.

Dengan begitu dia jelaskan, seperti kualitas air dalam kategori sangat kurang (Laporan Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) Provinsi Jatim tahun 2015). Dan sebelumnya, data SLHD 2014 menunjukkan, ada penurunan jumlah sumber mata air dari 109 pada 2009 menjadi tinggal 57 pada 2011. Sedangkan, pengangguran sejumlah 4700 orang dan bertambah 10 per harinya (data BPS 2016).

Maka lanjut Mayedha, hal ini disebabkan oleh masalah distribusi kekayaan dan sumber daya yang telah ternodai oleh prilaku KKN dari pemilik kewenangan dalam pengelolaan sumberdaya (baik anggaran, maupun sumber daya alam,legislasi) daerah.

“Terbukti juga dengan tertangkap tangannya mantan Walikota Batu (ER) pada kasus suap pengadaan meubelair beberapa waktu lalu. Hal tersebut hanyalah sebagian kecil yang tampak dari berbagai kebobrokan pemerintahan Kota Batu,” tandasnya.

Maka Mayedha tambahkan, dengan diadakanya kegiatan ini agar para pemuda sadar serta mampu mengimplementasikan tanggung jawab sosialnya terhadap sesama manusia dan pada lingkungannya. Maka dari itu, pemuda Kota Batu menyatakan sikap.

Berikut pernyataan sikap dan janji pemuda Kota Batu diantaranya yakni,

1.Menjadi pemuda yang memiliki pengetahuan, keberanian dan integritas.

2.Menjadi pemuda yang kritis dan berani menawarkan perubahan.

3.Menjadi pemuda yang lebih peka pada lingkungan sekitar dan berani bertindak.

4.Menjadi pemuda yang selalu belajar untuk memahami kondisi dan tidak sekadar menelannya mentah-mentah.

5.Menjadi insan yang peduli dan berkontribusi untuk masyarakat. (Ris)

 

Related posts

Leave a Comment