OTT Dispendukcapil, DPD GNPK Jember Apresiasi Kinerja Satgas Saber Pungli Polres Jember

Sabertipikor.com, Jember – Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi (DPD GNPK) Kabupaten Jember mengapresiasi Kinerja Satgas Saber Pungli Polres Jember pada Rabu, (31/10/ 2018). Lantaran telah melaksanakan Operasi Tangkap Tangan (“OTT”) di Kantor Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (“Dispendukcapil”) Kabupaten Jember.

“Kalau kita perhatikan di Media Sosial, permasalahan-permasalahan di Dispendukcapil Kabupaten Jember seolah-olah seperti benang kusut yang seolah-olah tidak ada penyelesaiannya. Mulai dari Antian yang membludak, pelayanan yang lama dan lain-lain. Namun apakah benar hal tersebut demikian adanya? Menurut Bupati Jember dalam akun Sosial Facebook resminya, dr. Faida, MMR, yang beberapa kali secara langsung memberikan penjelasan dan bahkan berinteraksi langsung dengan masyarakat, ternyata banyak yang tidak dijelaskan seperti alasan-alasan kenapa pengurusan suatu dokumen pribadi lama. Kendalanya antara lain adalah tidak lengkapnya persyaratan, dokumen yang ternyata belum diserahkan oleh Pihak Kecamatan ke Dispendukcapil, dan lain-lain,” beber Rizky Putra Yudhapradana, Kamis (1/11/2018).

Menurut Ketua DPD GNPK Kabupaten Jember, Rizky Putra Yudhapradana, SH yang akrab disapa RPY, bahwasanya isu-isu mengenai pengurusan di Dispendukcapil yang sulit dan sangat berbelit-belit tersebut merupakan penggiringan Opini yang sengaja diciptakan oleh Oknum-Oknum yang selama ini terbiasa melakukan Pungli. Supaya masyarakat “menyerah” dan akhirnya menggunakan “jasa” para Calo tersebut.

“Masyarakat jangan terpancing dengan isu-isu pengurusan dokumen sendiri itu sulit, antrinya lama, dan lain-lain, karena dalam suatu birokrasi administrasi yang (sengaja) dibuat rumit atau dipersulit, biasanya sudah ada tikus-tikus (Calo, Birokrat Korup, PNS Korup) yang sengaja menciptakan dan menggiring Opini public agar mereka (Para Calo) dapat menawarkan “jasa Wani Piro?” (jasa berani berapa),” kata Rizky.

Ia jelaskan, GNPK sebagai Organisasi Masyarakat yang dicanangkan oleh Presiden di Istana Negara pada tanggal 04 Desember 2004 juga bekerjasama dengan Tim Saber Pungli Menkopolhukam untuk menindak Pungli-pungli yang ada di masyarakat.

Oleh karenanya, DPD GNPK Jember sangat mengapresiasi tinggi kinerja Satgas Saber Pungli Polres Jember serta Dukungan Penuh Bupati Jember Ibu Hj Faida, MMR dengan jargonnya “Tegak Lurus” tersebut.

“Kami apresiasi dan dukung penuh Bupati Jember dan Satgas Saber Pungli Polres Jember untuk terus melakukan penindakan tegas adanya Pungli di Jember khususnya, dan kami akan segera berkordinasi dan bersinergi dengan Tim Satgas Saber Pungli Polres Jember tekait Laporan-laporan adanya Pungli yang masuk ke kami,” pungkasnya. (Mr/Ris)

Related posts

Leave a Comment