Pasien Mengaku Tidak Dilayani Puskesmas, Kota Batu Gempar….!

7 views
dr. Yuni Astuti, PLH Puskesmas Kota Batu

Sabertipikor.com, Batu, Jawa Timur – Korban kecelakaan tunggal warga Kota Batu mengaku kecewa dengan pelayanan petugas Puskesmas Pesanggrahan Kota Batu.
Bentuk kekecewaan korban tersebut sempat menggemparpan Kota Batu.Didunia maya bahkan dikalayak umum, pasalnya kicauan dari sang korban yang mengaku kecewa tersebut diunggah di dunia maya medsos .

Untuk menanggapi hal tersebut, Pelaksana Harian (PLH) Puskesmas Batu, dr. Yuni Astuti angkat bicara. Menurut dia, Petugas Puskesmas sudah mencari yang bersangkutan pada saat itu.

” Yang menangani ada dua orang saat itu, Perawat dan Bidan. Kalau ada pernyataan pasien itu ditolak sebenarnya tidak benar. Sebab, pada saat itu pasien sudah kita periksa, dari pihak Puskesmas langsung menangani. Dengan kondisi pasien seperti itu, dan sesuai Standart Operasional Prosedur (SOP), maka pasien langsung kita tangani, bahkan kita juga membersihkan luka pasien tersebut,” kata Yuni Astuti, Selasa (19/12/2017).

Mengingat dengan keterbatasan alat yang dimiliki, menurut Astuti tidak memadai, maka dia melakukan koordinasi kepada pihak keluarga pasien agar dirujuk ke Rumah Sakit terdekat.

” Artinya bukan serta merta ketika pasien datang, lantas kita menolaknya, jadi bukan seperti itu. Puskesmas ini kan memang peralatannya kurang memadai dibandingkan dengan Rumah Sakit. Jadi mengacu kepada SOP Puskesmas, bila mana ada pasien yang dengan kondisi tingkat daruratnya tinggi, maka pihak Puskesmas tidak  bisa menangani lebih jauh,” kelit dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Batu, drg. Kartika Trisulandari berjanji bakal menindak lanjuti pernyataan di medsos tersebut, dengan mendatangi Puskesmas yang bersangkutan.

” Ya kita bakal mendatangi Puskesmas tersebut, dan saat ini memang sudah kita tangani dan kita tindak lanjuti,” ujarnya singkat, saat dihubungi via pesan WA (WhatsApp).

Sekedar diketahui, Beredarnya Broadcast (BC) di media sosial (Sosmed), yang menuding Puskesmas Batu menolak pasien kecelakaan pada Sabtu (16/12/2017), membuat gempar Kota Batu.(ris)

Author: 
    author

    Related Post