Peran Penting Nilai – Nilai Pancasila Dalam Kehidupan

Buku Pendidikan Pancasila

*Sinopsis Buku Pendidikan Pancasila*

Sabertipikor.com – Buku ini merupakan buku pendidikan tentang pemahaman pancasila yang ditulis oleh orang-orang hebat dan ahli di bidangnya. Buku ini sudah disusun secara singkat dan jelas sehingga memudahkan kita dalam memahami isi tersebut, yang di dalamnya terdapat beberapa aspek, seperti nilai dasar pancasila, nilai moral, etika, dan keagamaan. Tidak hanya itu, buku ini juga menggunakan bahasa yang mudah di pahami oleh semua kalangan.

Penulis Resensi Buku Pendidikan Pancasila, Oleh : Walisa Ratu Adil.

Buku pendidikan ini berisikan tentang perkembangan pancasila dari zaman kerajaan atau nilai sejarah hingga zaman millenial dan juga berhubungan dengan keislaman, ketuhanan hingga keterkaitannya dengan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Iptek saat ini sudah mencapai kemajuan yang pesat sehingga mengalami perubahan yang luar biasa. Artinya Iptek selalu berkembang dalam suatu ruang budaya.

Buku ini di buat karena saat ini generasi muda tidak terlalu mengerti atau rendahnya kesadaran mereka dalam pengamalan nilai nilai pancasila. Maka dari itu, sebagai generasi bangsa sangat perlu dibekali tentang pendidikan pancasila karena pancasila merupakan penggerak kehidupan bernegara jika kita tidak memiliki ilmu tersebut maka akan muncul aliran aliran ekstremisme yang berakibat pada tindakan-tindakan radikalisme di kehidupan berbangsa dan bernegara.

Buku ini terdapat 11 bab yaitu Pancasila Sebagai Lintasan Sejarah, Pengertian Pancasila Dan Perkembangannya, Pancasila Sebagai Ideologi Negara, Pancasila Sebagai Sistem Filsafat, Pancasila Sebagai Etika Politik, Hubungan Agama Dan Pancasila, Pancasila Sebagai Paradigma Kehidupan Dalam Bermasyarakat, Berbangsa, Bernegara., Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, Bernegara ., Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesi, Sistem Pemerintahan, Pancasila Sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi.

*Kelebihan dan Kekurangan*

Dari segi isi buku sudah cocok untuk di bahas di perguruan tinggi bahkan juga bisa di kalangan SMA karena mengandung nilai nilai kebaikan. Dari segi penyusunan materi buku ini sudah cukup tersusun dengan rapi dan ringkas. Pemilihan cover buku sangat cocok dan cukup menarik sehingga dapat meningkatkan semangat dalam belajar. Buku ini juga disertai dengan ayat ayat karena buku ini menjunjung nilai agama. Walaupun di buku ini terdapat beberapa istilah atau gaya bahasa yang mungkin sulit dimengerti oleh orang awam, namun secara keseluruhan buku ini mampu menyeimbangkan.

Dengan adanya buku ini maka kita dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang dapat membangkitkan dinamika masyarakat untuk melakukan perubahan yang lebih baik.

Penulis : M. Taufik, SH, MH, Diyan Isnaeni, SH, MH, Dr. Mayiyadi, SH, MH, Prof. Dr. Drs. Yakup Cikusin, SH, MSi, Dr. Hj. Rahmatul Hidayati, SH, MH, Dr. Suratman, SH, MH, Drs. H. Moh. Bakar Misbakhul Munir, MH, H. Umar Said Sugiharto, SH, MS, Dr. H. Abdul Rokhim, SH, M.Hum., Hayat, SAP, MSi, Drs. Noorhuda Muchsin, BE, MM, Dr. Ir. Sumartono, MP.

 

Penyunting : Hayat dan H. Suratman

Penerbit : Baskara Media

Related posts

Leave a Comment