Polisi Sterilisasi Gereja Gembala Baik, Penjinak Bom Dikerahkan

10 views
Kabag Ops Polres Batu, Kompol Zein Marwadi, S.H, saat pimpin Apel persiapan sterilisasi

Sabertipikor.com, Batu, Jawa Timur –  Menjelang ibadah Natal dan misa malam Natal, Polres Batu melakukan sterilisasi di Gereja Gembala Baik, YPPII Indragiri Kota wisata Batu. Yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Batu yakni, Kompol Zein Mawardi, S.H, Senin (25/12/2017) pukul. 05.00 Wib – 07.15 Wib.

Kabag Ops Polres Batu, bersama-sama dengan Kapolsek Batu, Polres Batu, KBO Intel Polres Batu dan 1 Regu Jibom dan K 9 Brimob Ampel Dento Malang dengan pimpinan  Brigadir Jupri  melaksanakan seterilisasi gereja, sebelum melaksanakan ibadah natal.

Tim penjinak bom (Jibom) dan K 9 Brimob Ampel Dento Malang dengan pimpinan  Brigadir Jupri, dikerahkan untuk sterilisasi gereja, sebelum melaksanakan ibadah natal.

Saat Tim melakukan sterilisasi di dalam gereja Gembala Baik Kota Batu 

Sterilisasi oleh Jibom merupakan standard operational procedur (SOP) kepolisian untuk mengantisipasi adanya benda mencurigakan atau bahan peledak dan hal lainnya yang dapat mengganggu pelaksanaan ibadah. Polisi juga mengerahkan anjing pelacak (K9) dalam sterilisasi tersebut.

“Sterilisasi kami lakukan, kelajutan dari kegiatan sebelumnya (malam natal) dan dilakukan sesuai dengan SOP, guna untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan, terkait perayaan natal di Gereja-gereja agar pelaksanaan ibadah para jemaah dapat berjalan lancar, aman dan nyaman,” ujar Kabag Ops Polres Batu, Kompol Zein Mawardi, S.H.

Selain itu, sterilisasi dilakukan mulai dari radius 100 meter di depan gereja. Di dalam gereja, hingga altar juga tidak luput dari pengecekan petugas Jibom. Setelah Lokasi gereja yang sudah disterilisasi agar dilakukan pengamanannya oleh petugas  baik terbuka dan tertutup sampai pelaksanaan ibadah selesai.

” Meskipun sampai saat ini situasi di gereja-gereja Kota Batu clear, aman dan terkendali, agar tetap dilakukan pengamanannya oleh petugas baik terbuka dan tertutup sampai pelaksanaan ibadah selesai,” imbuhnya.(Risma)

 

 

 

Author: 
    author

    Related Post