Puluhan Warga Desa Sidomulyo Tuntut Satpol PP Agar Bersikap Tegas

2 views

 

Puluhan warga Desa Sidomulyo, Kota Batu saat datangi Kantor Satpol PP Pemkot Batu.

 

Sabertipikor.com, Batu, Jawa Timur – Puluhan warga masyarakat Desa Sidomulyo Kota Batu mendatangi kantor Satpol PP Pemkot Batu. Massa yang tergabung dari semua RT dan RW se Desa Sidomulyo itu diterima Bagian Seksi Penyelidikan dan Penyidik, Eugerico Da Crus Bareto, S.Sos. Selasa (8/5/2018) siang.

Berdasarkan pantauan awak media dilapangan, kedatangan mereka dengan tujuan untuk mengkonfirmasi, sekaligus menyoal terkait pendirian Indomaret di Desa Sidomulyo yang beberapa minggu terakhir ini sempat heboh lantaran di tolak warga tapi tetap saja berdiri dan beroperasional.

Menurut koordinator Roni Sintiu, warga masyarakat setempat menuntut pihak Satpol PP dan Dinas Perijinan yang sekarang Badan Penanaman Modal (BPM) Pemkot Batu, agar bertindak tegas, terkait keberadaan toko modern tersebut.

“Hari ini kita sengaja mendatangi kantor Satpol PP Pemkot Batu, hanya untuk mengkonfirmasi terkait dengan pendirian Indomaret di Desa Sidomulyo. Kami atas nama warga masyarakat Desa Sidomulyo bersama seluruh RT dan RW dari awal memang telah menolak pembangunan Indomaret itu. Disamping lokasinya berdekatan dengan rest area Sidomulyo, yang notabebe tempat warga masyarakat menggantungkan hidupnya dengan cara berjualan. Kita semua warga masyarakat membatasi soal pendirian Indomaret di Desa Sidomulyo ini,” ucap Roni.

Senada juga diungkapkan Hanafi, selaku tokoh pemuda warga masyarakat Desa Sidomulyo. Dirinya bersama warga Sidomulyo juga menuntut hal serupa.

“Kedatangan kita tadi diterima Pak Bareto, tuntutan kita di sini semua sama, yakni menolak keberadaan Indomaret di desa kami Sidomulyo. Memang dari awal, warga menolak akan pendiriannya. Tapi, entah mengapa tetap saja berdiri. Berdasarkan data dari kantor perizinan BPM Pemkot Batu, Indomaret itu tidak mempunyai izin. Ironisnya lagi, sudah melanggar dan tidak mengindahkan aturan Peraturan Daerah (Perda) yaitu, terkait izin operasional menjalankan aktifitas jual beli,” ungkap Hanafi.

Di tempat yang sama, Bareto selaku bagian Seksi Penyelidikan dan Penyidik Satpol PP Pemkot Batu, berjanji bakal menindak lanjuti laporan dari warga masyarakat Desa Sidomulyo itu.

“Ya, barusan warga Desa Sidomulyo melaporkan kepada kami, terkait berdirinya Indomaret di Sidomulyo yang di soal warga itu. Nanti bakal kita sampaikan kepada atasan kami, agar segera ditindak lanjuti,” ujarnya.

Terpisah, saat awak media mengkonfirmasi ke Indomaret Sidomulyo, tampak dua orang penjaga berseragam khas Indomaret tidak bisa memberikan keterangan, lantaran pihaknya mengaku hanya sebatas karyawan saja.

“Maaf, saya di sini hanya bertugas, tidak tau apa-apa dan hanya sebagai karyawan biasa,” katanya singkat. (Risma)

Author: 
    author

    Related Post