Satpol PP Bakal Tertibkan Bangunan Tanpa IMB

10 views
Foto: M. Noer Adhim, Sekretaris Satpol PP Pemkot Batu.

Sabertipikor.com, Kota Batu – Ditengarai ada beberapa bangunan, baik berupa hotel maupun destinasi wisata di Kota Batu yang belum mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Menyikapi tengara itu OPD Penegak Perda Kota Batu di institusi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) berjanji bakal menindak tegas. Demikian penegasan Sekretaris Satpol PP Pemkot Batu, M. Noer Adhim, Kamis (24/1/2019).

Menurut Adhim, sapaan akrab sumber berita ini, dalam “operasi” penegakan Perda tersebut pihaknya bakal membentuk tim kusus.

“Kami akan membentuk tim khusus serta berkoordinasi dengan dinas lain, seperti Dinas Perizinan (BPM),” tegas Adhim.

Dengan demikian, lanjut ia, Pemkot Batu tidak mau kecolongan lagi dengan keberadaan investor yang berinvestasi di kota wisata ini dan membangun hotel atau tempat wisata yang persyaratan izinnya diurus belakangan, pembangunannya didahulukan.

“Kami telah bekerja keras untuk menertibkan pembangunan di Kota Batu yang tak memiliki IMB. Satpol PP bakal menertibkan bangunan yang tidak memiliki IMB. Mengingat tugas utama Satpol PP selaku penegak Perda,” tandasnya.

Saat disinggung terkait nyali Satpol PP menindak, dengan beredarnya kabar keberadaan Investor ternama yang ditengarai ada hubungan kedekatan dengan pejabat penting di Kota Batu, ia katakan,
” Ya, saya akan mengkaji dahulu serta bakal berkoordinasi dengan dinas terkait, seperti Dinas Perizinan,” terangnya.

Meski begitu ia mengaku tidak mau disebut tebang pilih dalam penegakan perda dimaksud. Pasalnya, menurut ia, semua itu masih membutuhkan waktu.

“Kalau yang di Hotel Ubud itu kan sudah kami berhentikan proses pembangunannya, dan menunggu sampai proses perizinannya ke luar dahulu,” ungkapnya.

Untuk itu, masih ungkap ia, terkait pembangunan yang berkaitan kelengkapan perizinannya yang belum ada, Adhim berjanji akan menindak tegas jika ada laporan dari masyarakat soal tidak adanya legalitas bangunan yang jelas.

“Kami instansi penegak perda dan kami tidak menginginkan Satpol PP dengan serta merta turun melakukan penindakan. Maka lebih baik kami melakukan preventifnya (pencegahan). Kami segera akan membentuk tim sosialisasi yang diturunkan ke desa – desa di awal tahun 2019 ini,” pungkasnya. (Risma) 

Author: 
    author

    Related Post