Selamatan Bersih Desa Ngantru Dihadiri Kapolsek Ngantang

14 views

Kapolsek Ngantang saat menghadiri Selamatan bersih Desa Ngantru.

Sabertipikor.com, Kabupaten Ngantang –  Bersih Desa adalah salah satu contoh dari sekian banyak upacara yang adat pada masyarakat desa. Bersih desa seringkali digunakan untuk memperingati hari lahirnya desa.

Selain itu yang terpenting digunakan sebagai upacara mendoakan desa tersebut, agar tidak terjadi hal – hal yang tidak dinginkan bagi masyarakat desa yang bersangkutan.

Hal – hal yang tidak diinginkan atau disebut dengan bencana atau ‘’balak’’ tersebut diantaranya yakni, banjir, wabah, pencurian, kebakaran, gagal panen dan sebagainya.

Bersih Desa atau dapat disebut pula dengan “Selamatan Desa” adalah acara rutin tiap tahun yang diselenggarakan oleh warga masyarakat Ngantru.

Sebelum acara selamatan dilaksanakan selalu diadakan acara bersih – bersih terlebih dahulu.

Adapun tempat yang dibersihkan meliputi makam leluhur yang membedah Desa Ngantru (Bedah Krawang), balai desa, selokan – selokan, jalan – jalan, tandon dan saluran air, dan sepanjang aliran Kali Talang.

Sekitar pukul 08.30 – 12.00 WIB telah dilaksanakan kegiatan “Ritual Nyadran” dimana kegiatan ritual tersebut diadakan di Sungai Talang, dengan maksud selamatan serta “sesuguh penyembelihan ayam Cemani dan Ritual ngulek Sambel”.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri, Kapolsek Ngantang AKP Suyatno, S.Sos,sekaligus Mewakili Danramil Kecamatan Ngantang Serka Nanang, Perangkat Kecamatan Ngantang, Kepala Desa Ngantru, Setyo Budi, Kepala Desa se-Kecamatan Ngantang,Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Adat, Ketua RT / RW Desa Ngantru,  Masyarakat Desa Ngantru dan sekitar.

Ketua pelaksana, Sudarno dalam sambutannya menyampaikan, ucapan rasa syukur atas nikmat Allah SWT.

” Alhamdhulillah kita panjatkan puja dan puji atas nikmat yang diberikan kepada kita sekalian,” ucapnya. Selasa (10/3/2020).

Pada kesempatan yang sama Kepala Desa Ngantru, Setyo Budi juga mengucapkan rasa terimakasih kepada seluruh para undangan yang hadir dan masyarakat setempat.

“Terimakasih atas kehadiran Muspika Kecamatan Ngantang serta seluruh undangan yang telah hadir dalam acara saat ini,” kata dia.

Senada disampaikan Camat Ngantang yang diwakili Sekcam Kecamtan Ngantang, Imam Budiono, mengucapkan rasa syukur kepada Allah atas limpahan karunianya pada hari ini, sehingga dapat hadir dalam rangkaian kegiatan bersih desa di Desa Ngantru saat ini.

“Terimakasih kepada seluruh masyarakat Desa Ngantru yang masih memegang teguh adat istiadat, di mana masyarakat Ngantru masih mengakui kelestarian alam dari yang maha kuasa yang telah di berikan kepada kita semua,” tuturnya.

Lebih lanjut, kata dia, dengan berlangsungnya kegiatan Bersih Desa atau dapat disebut pula dengan Selamatan Desa dimana kegiatan ini dilaksanakan secara rutin tiap tahun yang diselenggarakan oleh masyarakat khususnya saat ini Desa Ngantru.

“Sehingga masyarakat akan lebih dapat bersyukur dan menambah nilai kepercayaan dengan menjunjung nilai adat istiadat, serta memegang teguh nilai budaya yang selama ini sudah terjaga puluhan tahun silam.  Dengan harapan semakin mempererat hubungan antara manusia dengan Sang Pencipta manusia dengan manusia manusia dengan alam manusia dengan sekitar,” terangnya.

Sementara itu, Kapolsek Ngantang AKP Suyatno, S.Sos sangat mengapresiasi kegiatan bersih desa tersebut.

“Kami (Polsek Ngantang) beserta jajaran mengapresiasi atas dilaksanakannya kegiatan bersih desa ini. Sebab, kegiatan ini sebagai salah satu wujud syukur yang dilakukan warga. Selain itu, kegiatan ini memang telah menjadi budaya turun temurun dari nenek moyang leluhur warga Desa Ngantru,” imbuh Kapolsek mengakhiri sambutannya. (Risma)

Author: 
    author

    Related Post