Terkendala Izin, Hotel Baru di Tulungrejo Gagal “Lounching”

3 views

Kades Tulungrejo bersama Satpol PP dan staf dari Kantor Camat Bumiaji saat mendatangi pihak hotel baru yang ada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Sabertipikor.com, Kota Batu – Sebuah bangunan hotel baru di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, ditengarai belum mengantungi izin lingkungan.
“Lounching” yang telah diagendakan Kamis (1/8/2019), dibatalkan.

Kepala Desa Tulungrejo, Suliono, mengaku sudah konfirmasi dan mendatangi hotel tersebut bersama pihak Satpol PP dan staf dari Kantor Camat Bumiaji.

“Ya, belum ada izin lingkungan. Tadi sudah kami konfirmasi kalau adat kami hanya izin lingkungan saja,” papar Kades Suliono.

Ia ungkapkan pula, pihak desa, Satpol PP dan petugas dari Kantor Camat Bumiaji sudah menyampaikan kepada pihak hotel tersebut agar melengkapi perizinan jika hendak lounching.

“Kami selaku pihak dari pemerintahan desa, tidak akan melarang orang untuk berinvestasi di desa kami. Namun, intinya harus beretika,” tegas Kades Tulungrejo.

Ia pun mempertanyakan sumber air yang diperuntukan bagi hotel baru tersebut.

“Kemudian, airnya dari mana? Pembuangan air limbahnya bagaimana? Resapannya bagaimana? Semua itu pemerintah desa harus tahu. Kalau tidak, kan itu menjadi dampak bagi lingkungan,” ujar Kades Suliono dalam nada penuh selidik.

Personel Trantib Kecamatan Bumiaji, Untung, juga menegaskan senada. Ia bersama Kades Tulungrejo dan petugas Satpol PP sudah mendatangi lokasi hotel tersebut untuk memeriksa ulang ihwal kelengkapan perizinan.

“Tadi kami bersama Pak Kades dan Satpol PP sudah ‘crosscheck’ tentang administrasi lokasi tersebut. Ternyata untuk ‘lounching’ pihak pemilik menyatakan bertepatan dengan hari baik. Jadi, mereka mencari hari baiknya, yaitu Kamis hari ini (1/7/2019). Informasi yang kami dapat, katanya setelah ‘lounching’ mau melengkapi perizinan secepatnya, sebab pihak desa dan kecamatan merasa belum terima izin usaha yang bersangkutan,” imbuh Untung.

Sementara itu, Sasongko, pelaksana teknis hotel baru itu, mengaku memang sudah didatangi kepala desa, Satpol PP dan petugas dari Kantor Camat Bumiaji.

“Tadi dari pihak desa, Satpol PP dan kecamatan memang datang ke sini untuk menanyakan IMB-nya dan jadi bukanya kapan. Kami tidak lounching, hanya syukuran,” katanya.

Ketika disinggung tentang kelengkapan perizinannya, dia mengaku meneruskan pembangunan itu untuk direnovasi.

“Kami cuma meneruskan bangunan ini. Dulunya sudah berdiri villa,” kata Sasongko. (Risma)

Author: 
    author

    Related Post